Notification

×

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Unjuk Rasa dan Terjunkan 232 Personil Gabungan

08/10/2020 | 14.07 WIB | Dibaca: 0 kali Last Updated 2020-10-08T07:09:10Z
    Bagikan

Surabayapos.com - Tepat di jalan Depan Mako Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si, MH memimpin langsung apel persiapan pengamanan unjuk rasa menolak undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja. Kamis pagi, 8 Oktober 2020, dan diikuti pasukan gabungan dari berbagai unsur.

Giat tersebut dimulai dari pukul 07.00, wib. di dampingi Kompol Anggi Putra Ibrahim dan dihadiri para Kapolsek jajaran serta para pejabat utama (PJU) Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Sebanyak 232 personil dalam pengamanan tersebut dengan rincian anggota Polres Pelabuhan Tanjung Perak 116 personil, anggota Kodim 15 personil, anggota Marinir 61 personil, Polair 25 personil, Damkar 11 personil dan tim kesehatan 4 personil.

Pada waktu itu, Dalam sambutannya Kapolres menjabarkan tugas-tugas yang telah ditentukan. Termasuk tim negosiator yang dipimpin oleh Kasat Binmas yang nantinya juga akan melakukan aksi simpatik untuk mendinginkan suasana. dan ada tim pengawalan dibawah kendali Kasat Lantas yang juga bertugas untuk membawa peralatan seperti water barrier, traffic cone dan lain-lain.

Selanjutnya ada tim surveilence, identifikasi dan dokumentasi yang bertugas merekam aksi, dimana jika ada kontijensi bisa digunakan untuk penegakan hukum serta mengkomunikasikan dengan Korlap Aksi sehingga bisa melihat adakah penumpang gelap atau provokator yang ingin memperburuk situasi.

Saat itu Kapolres juga memerintahkan para personil, khususnya TNI dan Polri, untuk tidak membawa senjata api saat melakukan tugas pengamanan unjuk rasa guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu Kapolres juga menyampaikan supaya dalam pengamanan ini para personil tidak mudah tersulut emosi, sehingga membuat suasana ricuh.

Diterangkan Kapolres usai memimpin apel, pihaknya akan mengawal dan mengamankan aksi unjuk rasa ini dengan tetap mengedepankan sikap humanis.

“Kami sudah membagi tugas pada para personil yang terlihat pengamanan unjuk rasa ini. Semoga saja semuanya berjalan dengan lancar,” terangnya.

Aksi unjuk rasa menentang undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja berlangsung serentak pada hari ini di sejumlah daerah yang dilakukan para buruh serta mahasiswa. (din)