Notification

×

Iklan

Iklan


Cara Mudah Bedakan Ciri Betina atau Jantan Burung Murai Batu Anakan Trotol

12/01/2022 | Januari 12, 2022 WIB | Dibaca: 0 kali Last Updated 2022-01-12T04:59:26Z
    Bagikan
Bagi Pemula Cara Melihat dan Membedakan Ciri Burung Murai Batu (MB) Anakan (Trotol) dari Bagian Kepala.

Hobby - Tips&Trick, | Banyak ciri ciri yang bisa kita lihat dibagian kepala ini mulai dari bentuk kepala, mata dan juga paruh. Nah berikut beberapa ciri membedakan jantan dan betina anakan murai batu:

CIRI dari KEPALA

Secara umum untuk anakan burung murai berjenis kelamin jantan memiliki bentuk kepala lebih besar, terlihat cepak atau datar. Sedangkan Betina tampak lebih kecil, menonjol atau tampak bulat.

CIRI dari MATA

Pada tatapan matanya, anakan burung murai berjenis kelamin jantan sorotan matanya lebih tajam dan tampak besar, sedangkan pada betina sorotan matanya terlihat biasa saja, terkadang tampak lebih kecil. Dan pada garis mata anakan burung murai jantan telihat lebih tebal, dan berwarna tegas, sedangkan pada betina, tampak lebih tipis, dan diatas matanya ada garis alis berwarna orange.

Warna bulu pada bagian bawah mata menuju leher, anakan burung murai jantan ketika masih berusia sekitar 45 hari tidak ada warna bulu trotol bintik bintik orange, sedangkan pada betina, kebanyakan akan tampak terlihat.

CIRI dari PARUH

Pada paruh anakan burung murai jantan untuk paruhnya tampak lebih tebal baik itu paruh bagian atas maupun bawah, namun yang mudah terlihat biasanya paruh bagian bawahnya tampak lebih tebal, atau sedikit cembung kebawah, jika dilihat dari samping, dan jika dilihat dari atas akan tampak lebih lebar.

MELIHAT DARI BAGIAN BULU ANAKAN MURAI BATU

Ketika kita sudah mengetahui ciri dari kelamin di bagian kepala namun kita masih ragu, kita bisa melihatnya dari bagian bulu anakan murai batu. Cirinya sebagai berikut:

CIRI MURAI BATU JANTAN

warna hitam yang ada pada badan anakan jantan pada umumnya juga lebih legam dan juga bisa terlihat lebih mengkilat. Kemudian juga pada warna hitam pada lehernya yang terlihat membentuk garis-garis, yang terlihat legam.

Selain itu juga ada bulu bintik-bintik yang berwarna kuning tegas pada bagian dadanya. Lalu, juga ada bulu yang berwarna cokelat pada sayap serta bagian dada dengan bentuk bintik-bintik.


CIRI MURAI BATU BETINA

Warna bulu pada dadanya juga terlihat memutih. Lalu, untuk warna hitam pada garis di lehernya ke abu-abuan. Warna bulu terlihat kusam dan tidak tegas dan terdapat bulu bulu tipis panjang yang berwarna coklat bercampur dengan putih di bagian dadanya.

MELIHAT DARI BAGIAN KAKI ANAKAN BURUNG MURAI

Pada bagian ini secara umum jari jari kaki anakan burung murai berjenis kelamin jantan tampak lebih besar dan kekar, meskipun terkadang tampak lebih pedek, sedangkan pada betina jari jari kakinya tampak lebih kecil atau terlihat lentik.

MELIHAT DARI BAGIAN EKOR ANAKAN BURUNG MURAI

Pada anakan burung murai berjenis kelamin jantan memiliki ekor yang rapat, sedangkan pada betina sering mengembangkan atau membuka ekornya, seperti tingkah laku burung murai betina dewasa.

Panjang ekor anakan burung murai berjenis kelamin jantan pada ekor utamanya tampak lebih panjang dari ekor kedua sekitar 2 CM, sedangkan pada betina hampir sama panjangnya, atau terpaut hanya lebih panjang sedikit.

MELIHAT DARI SUARA ANAKAN BURUNG MURAI

Pada jenis suara ini, sebenarnya kami hanya ingin menyampaikan pentingnya katuranggan burung murai. Dan hal ini erat kaitanya dengan mental dan bisa saja mendekati anakan yang berjenis kelamin jantan. Untuk caranya pilihlah anakan burung murai yang memiliki suara krek dobel dan lebih ngebas atau tebal. Hal tersebut dipercaya burung memiliki mental yang sangat baik.

Dari semua ciri ciri diatas, bagi anda yang masih pemula dan masih ragu, saran kami, sebaiknya membeli dipedagang atau peternak yang memberikan jaminan jantan didalamnya. Hal tersebut lebih aman tentunya, sedikit lebih mahal lebih baik daripada salah memilih burung. (ref)

×
Berita Terbaru Update