Notification

×

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Dewan Jatim Minta Pemprov Bantu Realisasikan Jalur Lintas Selatan Madura

27/09/2019 | 20.15 WIB | Dibaca: 0 kali Last Updated 2019-09-27T13:15:57Z
    Bagikan

SurabayaPos.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur diminta untuk merealisasikan Jalur Lintas Selatan (JLSM). Banyak yang akan diuntungkan, jika waktu tempuh dari Bangkalan ke Sampang bisa dilakukan hanya satu jam.


Anggota DPRD Jawa Timur dari Dapil Madura, Moh Ashari sangat berharap Pemprov Jatim bisa memprioritaskan pembangunan infrastruktur, khususnya jalan-jalan di Pulau Madura yang menghubungkan antara kaki Suramadu di Bangkalan menuju Sampang.

"Kalau jalan lingkar selatan madura dibangun, maka perjalanan dari Bangkalan menuju Sampang bisa ditempuh hanya 1 jam. Padahal biasanya bisa 3 jam," ujar Moh Ashari politisi asal Fraksi Partai NasDem DPRD Jatim, Jumat (27/9/2019).  

Dia menyebut jalur tersebut adalah antara Serseh-Pengarengan-Modung dan Kwanyar. 

"Saat ini, sudah ada perencanaan, layout hingga pembebasan lahan. Ada lahan milik PT Garam yang belum bisa dibebaskan. Kalau Pemprov Jatim bisa memfasilitasi dan membantu pendanaan baik untuk fisik jalan maupun pembuatan dua jembatan tentu jalur lintas selatan Madura bisa cepat terwujud," terangnya.

Selain bisa memotong jarak dan waktu, keberadaan jalur lintas selatan Madura juga diyakini mampu menjadi pengungkit perekonomian masyarakat. Karena, di sepanjang jalur itu banyak potensi wisata alam khususnya pantai.

"Hingga saat ini, Kabupaten Sampang masih menempati peringkat terbawah di Jatim dalam hal kemiskinan yakni 23 persen. Sementara Provinsi Jatim masih 11 persen dan nasional 9 persen. Saya optimis dengan keberadaan jalan tersebut, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Sampang juga bisa meningkat," ujar politisi asal Sampang ini.

Ia juga berharap pelebaran jalan di wilayah Madura yang dilakukan Gubernur Soekarwo bisa dilanjutkan di kepemimpinan Gubernur Khofifah. Karena pelebaran jalan yang dilakukan Pemprov Jatim belum mencapai seluruh wilayah di Madura.

Selain itu, banyaknya pasar tumpah di Madura juga perlu dicarikan solusi dengan berkoordinasi dengan Pemkab setempat. 

Menurutnya, solusi terbaik adalah memindahkan lokasi pasar ke lokasi lain, yang agak jauh dari jalan besar.(tji)