Bersama Mentan RI, Gubernur Khofifah Lepas Ekspor Komoditas Pertanian Jatim Senilai Rp805 Miliar

SurabayaPos.com - Komoditas produk pertanian Jawa Timur dengan total nilai Rp 805 miliar dilepas untuk pengiriman ekspor luar negeri oleh ...

SurabayaPos.com - Komoditas produk pertanian Jawa Timur dengan total nilai Rp 805 miliar dilepas untuk pengiriman ekspor luar negeri oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo  dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Depo Jangkar, pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (2/12/2019) sore. 


Produk pertanian Jawa Timur mulai kopi, bunga cengkeh, pupuk organik, kayu manis, sarang burung wallet, bunga pala, shuttlecock, plywood, susu hingga minyak goreng dikirimkan melalui pengiriman jalur laut dengan tujuan Brasil, Singapura, Italia, Australia, Malaysia, Filipina, Belanda, Thailand, hingga Algeria.

Bahkan nilai ekspor Jawa Timur yang dilepas hari ini mengalami peningkatan seratus persen dibandingkan angka ekspor di tahun sebelumnya. Hal ini membuktikan bahwa komoditas pertanian Jawa Timur memiliki potensi yang sangat tinggi. 

"Hari ini saya dan ibu gubernur dengan bangga membuktikan bahwa sebenarnya kita memiliki ruang yang cukup besar untuk menjadi bagian dari energi ekonomi nasional. Sore ini kurang lebih kita eskpor senilai Rp 805 miliar, angka sebesar ini mampu kita gulirkan," kata Mentan Syahrul Yasin Limpo. 

Produk pertanian Jawa Timur yang dilepas untuk ekspor sore itu dikirimkan ke banyak negara tujuan. Misalnya untuk bunga cengkeh sebanyak 10 ton dengan nilai Rp 877 juta diekspor dari Jawa Timur ke Brasil. 

Kemudian untuk biji kopi robusta sebanyak 46 ton diekspor ke Italia dengan nilai Rp 1,02 miliar. Begitu dengan pupuk organik sebanyak 54 ton senilai Rp119,2 juta diekspor dari Jawa Timur ke Singapura. Lalu untuk jamur beku sebanyak 20,7 ton dikirim ke Belanda dengan nilai Rp 253 juta. Serta plywood sebanyak 255,5 ton dikirim ke Malaysia dan Filipina dengan nilai Rp 2 miliar. 

Mentan Syahrul menyebutkan pencapaian ekspor Jawa Timur patut diapresiasi. Yang pertama selain nilainya meningkat 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dari segi volume juga mengalami peningkatan, yaitu sebesar 23 persen. 

Serta untuk produk yang dilakukan sertifikasi ekspor mengalami peningkatan sebesar delapan persen. Dan yang membanggakan Jawa Timur menjadi daerah yang zero atau nol penolakan dari negara tujuan setiap kali melakukan ekspor. 

"Itu tandanya kita sudah bekerja dengan kompak. Ini dibuktikan melalui pelabuhan Tanjung Perak sebagai pintu ekspor Jatim yang mengalami penolakan sangat kecil dari negara tujuan," tegas Mentan Syahrul Yasin Limpo yang juga mantan Gubernur Sulsel itu. 

Hal ini dikatakan Mentan harus ditingkatkan dan diteruskan dengan harapan kegiatan ekspor melalui pelabuhan Tanjung Perak bisa semakin lancar dan tidak ada kendala-kendala yang menjadi penghambat pengiriman komoditas lokal ke luar negeri. 

"Target kita di tahun 2020, kita akan mulai untuk menggerakkan ekspor kita bisa meningkat tiga kali lipat. Target ini saya rasa tidak berlebihan dengan melihat tren yang ada sekarang ini," tegasnya. 

Untuk mencapai target ini, Mentan Syahrul menegaskan bahwa pihaknya siap memberikan fasilitasi dari hulu. Kementerian Pertanian siap untuk menerima masukan dan melakukan kerja sama dengan gubernur, bupati sampai dengan camat dan kepala desa demi tujuan peningkatan produktivitas ekspor Jawa Timur.

Khofifah Optimistis Target Ekspor Tiga Kali Lipat di 2020 Tercapai

Sementara itu Gubernur Khofifah mengatakan bahwa selain produk pertanian yang kelak juga didorong untuk peningkatan ekspor adalah produk handy craft. Pasalnya produk hasil rumah kriya Jawa Timur memiliki potensi yang tak kalah besar dari sektor pertanian. Tinggal butuh adanya pembinaan terkait quality control dan continuity serta quantity produk untuk bisa masuk ke pasar ekspor. 


Selain itu Gubernur Khofifah juga mengapresiasi adanya mobil pelayanan mobile dari Kementan, yaitu mobil layanan Berani Ekspor yang akan memfasilitasi pengusaha yang akan ekspor. Sebab menurut Khofifah saat ini belum seluruhnya produsen skala menengah bisa terkonsolidasi aksesnya untuk masuk pasar ekspor. 

"Seperti apa saja syarat-syaratnya untuk bisa dapat sertifikasi ekspor, mobil ini bisa melakukan proses sosialisasi literasi untuk edukasi ekspor dengan lebih masif. Saya rasa itu akan membuka harapan seperti yang dikatakan Pak Mentan, targetnya adalah ekspor 3 kali lipat dari yang sekarang ada," tegas Khofifah. 

Khofifah optimistis target peningkatan ekspor dari Jawa Timur hingga tiga kali lipat bisa terwujud. Untuk bisa membangun perekonomian yang bisa tumbuh secara signifikan tersebut, maka menurut Khofifah memang harus ada upaya menjaga stabilitas keamanan dan meningkatkan suasana ekonomi yang kondusif dan produktif. 

"Seperti yang dipesankan Pak Presiden, tingkatkan ekspor buka lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Itu artinya bahwa suasana pertumbuhan ekonomi Jawa Timur harus terjaga dan berarti di semua lini, mulai privat sektornya, regulasinya, Bupati Walikotanya, dan semuanya harus berseiring," tegasnya.

Termasuk bagaimana sinergi dengan pemerintah pusat yang sekarang diberi ruang lebar oleh Mentan untuk bisa meningkatkan produktivitas khususnya dalam hal ini untuk orientasi ekspor, menurut Khofifah adalah hal strategis yang sangat penting untuk dibangun kedepannya.(tji)

COMMENTS

Nama

Advertorial,4,Berita-Terkini,502,BeritaWarga,26,Destinasi-Wisata,6,EkoBis,26,ekonomi,2,Ekonomi Bisnis,3,Galeri-foto-video,11,GayaHidup,18,Hobby,2,Hukrim,58,Internasional,6,Narkotika,5,Nasional,184,Olahraga,22,Opini,8,Peristiwa,33,Pilpres 2019,7,Polisi,102,Politik,78,Regional,183,Religi,1,Renungan,15,Seni-Budaya,12,Showbiz,14,Sorotan,31,sosial,6,Technology,15,
ltr
item
SurabayaPos.com: Situs Berita Terkini, Berita Hari ini, dan Terpercaya: Bersama Mentan RI, Gubernur Khofifah Lepas Ekspor Komoditas Pertanian Jatim Senilai Rp805 Miliar
Bersama Mentan RI, Gubernur Khofifah Lepas Ekspor Komoditas Pertanian Jatim Senilai Rp805 Miliar
https://1.bp.blogspot.com/-11lwr2grr_Q/XeY_BozWWCI/AAAAAAAAnGs/vf4IYML42aQGuIX0xdJ7X7FZNhV7pUKowCLcBGAsYHQ/s320/Gubernur%2BJawa%2BTimur%2BMendampingi%2BMenteri%2BPertanian%2BMelihan%2BBiji%2BKopy%2Bdan%2BJamur%2Byang%2Bakan%2Bdi%2BEkspor%2Bke%2BSingapura.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-11lwr2grr_Q/XeY_BozWWCI/AAAAAAAAnGs/vf4IYML42aQGuIX0xdJ7X7FZNhV7pUKowCLcBGAsYHQ/s72-c/Gubernur%2BJawa%2BTimur%2BMendampingi%2BMenteri%2BPertanian%2BMelihan%2BBiji%2BKopy%2Bdan%2BJamur%2Byang%2Bakan%2Bdi%2BEkspor%2Bke%2BSingapura.JPG
SurabayaPos.com: Situs Berita Terkini, Berita Hari ini, dan Terpercaya
https://www.surabayapos.com/2019/12/bersama-mentan-ri-gubernur-khofifah.html
https://www.surabayapos.com/
https://www.surabayapos.com/
https://www.surabayapos.com/2019/12/bersama-mentan-ri-gubernur-khofifah.html
true
4204357026782051252
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy