Notification

×

Iklan

Iklan

Saat Menjelang Bulan Ramadhan Warga Surabaya Ramai Ziarah dan Bersihkan Pemakaman

10/03/2024 | 05.06 WIB | Dibaca: 0 kali Last Updated 2024-03-09T22:07:25Z
    Bagikan

Surabaya.pos || Surabaya - Menjelang bulan suci Ramadhan peziarah ke makam keluarga menjadi tradisi masyarakat Muslim khususnya Jatim, pemakaman pun ramai pengunjung menjelang Ramadhan seperti yang terlihat di area pemakaman Pegirian, Surabaya, Sabtu (9/3/2024) sekira Jam 10.00 WIB.

Pengunjung bukan hanya datang untuk berziarah bahkan banyak yang membersihkan dan memperbaiki Pemakaman milik keluarganya, warga yang mendatangi makam Pegirian sekira 80%.

M Saiful seorang pria saat perbaiki pemakaman menyampaikan, saya melaksanakan kerja bhakti bersihkan tempat pemakaman umum ini milik orang tua saya /Guru saya yang dulu sudah memberikan hadiah ilmu kepada saya," terang Saiful.

Kerja Bakti pembersihan makam tersebut sudah menjadi tradisi yang dilaksanakan setiap tahun olehnya dan rekannya.
Alhamdulillah turut senang dalam menjaga tradisi terutama menjelang bulan suci Ramadhan untuk gotong royong bersih-bersih makan," katanya.

Sementara itu, Eko warga Teluk Nibung Timur RW8 dan juga sebagai LPMK kelurahan Tanjung perak ia menyebutkan, bersih-bersih makam ini rangkaian tradisi tahunan menjelang Ramadhan dan digelar doa bersama di petilasan beliau saat usai bersih-bersih," ucapnya.

Kami setiap tahun menjelang bulan Ramadhan pasti melakukan pembersihan makam milik guru saya yang terletak di sebelah Selatan dan Utara, karena ini adalah bentuk kepedulian terhadap beliau.

Dan ini memang sudah menjadi tanggung jawab kami untuk menjaga petilasan beliau, dengan adanya kerja bakti ini kami juga melestarikan adat menjalin dan mempererat hubungan bersilaturahim dengan sesama, semoga ini menjadi manfaat kepada kita semua," pungkasnya.

Penulis: Kib