Notification

×

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Ayo Daftar CPNS, Ini Kriterianya

13/11/2019 | 18.27 WIB | Dibaca: 0 kali Last Updated 2019-11-13T11:27:17Z
    Bagikan

SurabayaPos.com - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur, Anom Surahno memprediksi pelamar yang mendaftar CPNS 2019 di Pemerintahan Provinsi Jawa Timur akan mencapai 80 ribu orang. Prediksi itu lantaran ada beberapa kategori penilaian yang diturunkan serta asal kuliah, yang penting terakreditasi.


"Kalau dulu persyaratan asal kuliah terakreditasi A, saat ini diturunkan menjadi terakreditasi saja. Sangat dimungkinkan itu akan menambah pendaftar karena tidak terbatas pada status akreditasi A atau B, yang penting terakreditasi, bisa mendaftar CPNS," kata Anom kepada wartawan Rabu (13/11/2019).

Lanjut Anom, termasuk ada beberapa kriteria penilaian yang syarat angkanya juga diturunkan. Misalnya, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang di periode sebelumnya harus nilai 175, kini menjadi 126. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), sebelumnya harus 75, kini turun menjadi 65. Sementara, Tes Intelegensi Umum (TIU), ketentuannya tetap yakni harus 80.

“Kemudahan itulah yang akan membuat banyak calon antusias pendaftar CPNS tahun ini," lanjutnya.

Termasuk kesempatan bagi penyandang difabel yang memiliki keahlian, juga bisa mendaftar CPNS.

Kelengkapan berkas juga harus diperhatikan oleh pendaftar. Baca dengan teliti, apa saja yang harus dilengkapi sebagai persyaratan. Termasuk, jangan lupa melengkapi Swafoto atau foto Selfi, 

Anom mengingatkan agar masyarakat atau pendaftar tidak mudah percaya kepada siapapun, atau oknum yang mengatasnamakan BKD maupun Pemprov Jatim dalam proses penerimaan CPNS.

"Semua proses mulai pendaftaran sampai pelaksanaan tes dilakukan berbasis online. Tidak ada istilah titipan atau orang yang mengaku bisa membantu masuk CPNS," tegas Anom.(tji)