Notification

×

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Ini Satgas Bencana Alam 2020, Prajurit Petarung Yonmarhanlan V

02/01/2020 | 19.18 WIB | Dibaca: 0 kali Last Updated 2020-01-02T12:24:20Z
    Bagikan

SurabayaPos.com / Surabaya - Guna mengantisipasi intensitas curah hujan yang tinggi di wilayah Jawa Timur khususnya wilayah kerja Lantamal V, Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan V Surabaya (Yonmarhanlan V) menyiapkan pasukannya Prajurit Petarung Siaga Bencana Alam.


Dalam apel gelar pasukan ini,  Yonmarhanlan V telah menyiapkan pasukan siaga bencana yang bermaterikan 1 pleton Pasukan Yonmarhanlan V yang dipimpin Letda Mar Ahmad Yafieq, S.H di Lapangan apel PMK Lantamal V, Kamis (2/1/2020).

"Pembentukan satuan tugas siaga bencana alam ini merupakan wujud  kepedulian Yonmarhanlan V dalam membantu tugas dan fungsi Lantamal V dalam misi tugas-tugas kemanusian serta realisasi dari tugas TNI dalam bentuk operasi militer selain perang (OMSP) yaitu, membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana alam," kata Danyonmarhanlan V Letkol Marinir Andi Ichsan, S.H,.M.M. 

Untuk mendukung tugas pasukan Siaga Bencana Alam tersebut telah disiapkan Alat Perlengkapan Pendukung Tanggap Darurat, antara lain 2 buah Perahu Karet, 2 buah Mopel, 2 buah tangki BBM, 20 buah Dayung, 20 buah Rompi Pelampung, 2 buah tenda serbaguna dan 2 unit truk untuk evakuasi.

"Melalui apel siaga bencana alam ini, dapat diketahui sejauh mana kesiapan Lantamal V khususnya Yonmarhanlan V dalam membantu penanganan bencana alam di wilayah kerja Lantamal V," terangnya.

Apel siaga ini juga dimaksudkan untuk mengecek kesiapan dan kekuatan personel serta sarana dan prasarana yang siap dikerahkan dan dimobilisasi untuk membantu penanggulangan bencana alam, apabila dibutuhkan pada tahap tanggap darurat, dan evakuasi di wilayah yang terkena dampak bencana alam.(tji)