Notification

×

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Khasiat dan Manfaat Batu Marjan, Batu Fosil ini disebut di Al-Qur'an

03/01/2022 | 01.15 WIB | Dibaca: 0 kali Last Updated 2022-01-02T18:16:37Z
    Bagikan

Surabaya Pos || Tips, - Marjan adalah jenis batu fosil yang berasal dari batuan karang di laut yang dalam dimana batu tersebut tidak ada kandungan kapurnya. Batu marjan ini memiliki ciri warna merah yang mengkilat sehingga sangat indah dikenakan. 

Batu marjan paling banyak ditemukan di negara timur tengah dan juga India. Meski demikian, di Indonesia juga bisa ditemukan Jenis Batu Akik ini terutama di daerah Maluku. 

Batu marjan dikenal selain akan indahnya juga termasuk dalam jenis batu yang cukup fenomenal dimana batu ini dipercaya memiliki banyak manfaat. Oleh sebab itu, beberapa tahun belakangan batu ini semakin banyak dicari untuk dijadikan koleksi pada pecinta batu.

Manfaat dan Khasiat Batu Marjan

Batu marjan adalah jenis batu yang dipercaya memiliki banyak manfaat. Bahkan diketahui pula jika Batu Cincin ini pernah dipakai oleh Nabi Musa. Batu ini memang dikenal memiliki sejuta manfaat semenjak dahulu. Yang lebih menariknya nama batu Marjan juga tercantum dalam ayat Al Qur’an. Dimana dalam surat Ar-Rahman yakni pada ayat 22 dan juga 58. Dari ayat diatas dapat diambil beberapa kesimpulan dimana marjan ini adalah sebuah batu yang sangat indah yang keindahannya sama dengan keindahan seorang bidadari. Karena keistimewaan inilah yang membuat batu ini menjadi sangat diburu dan dicari oleh para kolektor Batu Permata di dunia.

Salah satu manfaat batu marjan adalah bisa membuka aura pada seseorang. Dimana dengan mengenakan batu ini bisa membuat seseorang menjadi tampak lebih menarik. Selain itu dengan mengenakan batu ini pula seseorang bisa menjadi lebih memiliki daya tarik. Dengan demikian akan semakin banyak orang yang menyukai pemakai batu marjan tersebut. Aura positif akan lebih keluar jika mengenakan batu ini. Pengguna batu marjan juga dipercaya akan memiliki wajah yang lebih cerah dan menarik. Dengan menggunakan batu ini maka pesona orang tersebut akan semakin tinggi.

Menggunakan batu marjan juga dipercaya bisa meningkatkan wibawa dari pemakainya. Dengan memakai batu akik ini orang percaya akan membuat pemakainya akan lebih dipercaya kata-katanya. Dimana orang akan sulit menolak akan semua kata-kata yang dikeluarkan orang yang mengenakan batu cincin marjan. Mengenakan batu ini juga dipercaya akan membuat pengusaha terutama pedagang bisa menjadi lebih laris dan banyak orang yang bersedia membeli dagangannya. Karena keistimewaan inilah yang membuat batu ini semakin diburu selain memang batu ini memiliki keindahan yang luar biasa. Tak mengherankan jika harga batu ini juga semakin tinggi.



Memilih Batu Marjan Asli

Karena pada masa sekarang batu ini semakin banyak peminatnya dan juga batu alaminya maka akan membuat otak kanan penjual akan bekerja. Sekarang ini semakin banyak penjual berbagai jenis batu sintetis atau tiruan untuk segala jenis batu termasuk batu marjan ini. Oleh sebab itu, Anda perlu selalu waspada sebelum memilih batu yang akan dibeli, apa itu marjan atau Batu Jahanam, pun jenis lainnya anda harus waspada. Anda perlu memperhatikan beberapa ciri khusus untuk jenis batuan marjan ini. Jika diperlukan Anda harus menanyakan keaslian dengan meminta pedagang menunjukkan sertifikat dari batu yang dijualnya. Adanya sertifikat keaslian adalah salah satu cara ampuh untuk menunjukkan keaslian dari batu tersebut.


Meski demikian, adanya sertifikat juga tidak bisa memastikan seratus persen jika batu tersebut adalah batu asli. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan ciri khusus dari batu ini. Batu marjan asli bisa dilihat dari permukaan dari batu ini. Dimana batu marjan ini terbuat dari bahan batuan karang namun bukan berarti batu ini memiliki rongga. Batu yang asli ini memiliki permukaan yang sangat halus. Berbeda dengan jenis batu sintetis yang biasanya jika diperhatikan secara detil maka pada bagian tengah dari batu sintetis tersebut cenderung memiliki rongga. Selain rongga, pada batu sintetis juga biasanya memiliki gelembung-gelembung pada bagian tengahnya.

Selain itu, batu marjan yang asli juga bisa dilihat dari serat yang ada batu tersebut. Pada batu yang asli maka batu ini akan memiliki serat tidak beraturan dan memiliki bentuk jaring seekor laba-laba. Selain itu, ada juga batu yang memiliki serat yang menyerupai bentuk awan. Jika batu tersebut adalah batu buatan atau sintetis biasanya batu memiliki serat yang lebih teratur. Untuk penggunaan sertifikat batu Anda juga perlu memastikan jika sertifikat dipastikan dari hasil uji laboratorium. Dengan ditunjukkannya sertifikat asli laboratorium tersebut baru batu tersebut bisa dipastikan sebagai batu yang asli.

Sebagaimana batu lainnya, batu marjan juga harus dirawat dengan baik. Rawatlah batu marjan dengan baik agar batu selalu dalam kondisi yang indah. Karena batu ini begitu langka dan jarang orang yang memilikinya Anda harus merawatnya dengan baik. Salah satu cara merawat batu marjan adalah dengan menggosoknya dengan minyak zaitun. Hal ini bertujuan agar warna dari batu lebih awet dan menjadi lebih mengkilap. Dengan batu yang indah maka batu yang Anda miliki akan semakin disukai orang banyak. Dan tentunya karena kelangkaan dan keindahan dari batu yang Anda miliki maka batu yang Anda beli nilai jualnya akan semakin mahal.

Cara perawatan lainnya adalah dengan selalu menyimpan Batu Cincin ini menggunakan wadah yang kedap udara. Jika batu terlalu lama disimpan diluar tanpa dipakai, maka bisa berakibat kerusakan batu secara berangsur-angsur. Dengan menyimpan batu dengan baik juga bisa menghindari kontak batu dengan bahan-bahan berbahaya yang bisa membuat batu menjadi rusak. Perawatan batu marjan sangatlah penting karena batu yang baik bisa Anda sendiri yang buat. Hanya dengan membeli batu dengan kualitas biasa akan bisa menjadi sebuah batu kualitas terbaik dengan harga yang mahal. Karena mahalnya batu bukan hanya dilihat dari jenis batu yang digunakan untuk mata cincin tetapi juga dilihat dari kualitas batu tersebut. 



Penulis : one