Notification

×

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

20 manfaat tempe dan khasiat tempe mentah bagi kesehatan tubuh manusia

30/07/2022 | 18.33 WIB | Dibaca: 0 kali Last Updated 2022-07-30T11:40:53Z
    Bagikan

T
empe merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Fungsi protein ini yaitu untuk membangun serta memperbiki jaringan dan sel tubuh. Protein tersebut termasuk dalam kelompok protein larut air dan bisa mengaktifkan enzim proteolitik.


20 manfaat tempe mentah dan khasiat yang dapat anda peroleh dari konsumsi tempe mentah bagi kesehatan tubuh manusia.


1. Menyehatkan Jantung
Mengkonsumi tempe mentah dipercaya dapat membantu menyehatkan jantung. Tempe selain mengandung serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi juga memiliki kandungan lain seperti antibiotika yang menyembuhkan infeksi serta antioksidan yang mencegah munculnya penyakit degeneratif. Bahan dasar tempe adalah Kedelai yang mengandung isoflavon yang membantu mengurangi kolesterol jahat (kolesterol LDL) dan juga kemungkinan pembekuan darah (Amazing).


2. Meningkatkan Keperkasaan Pria
Konsumsi tempe mentah juga dipercaya dapat membantu meningkatkan keperkasaan pria di ranjang (luar biasa). Hal ini diakarenakan tempe mengandung vitamin B dan kaya akan protein nabati yang diperlukan dalam pembentukan sperma. Konon, konsumsi tempe mentah guna meningkatkan kejantanan pria dapat dilakukan dengan cara memakan tempe mentah sebanyak 4 jari yang dikunyah bersama gula aren asli dan segelas air. Cara ini dilakukan sebanyak 2 kali pada pagi dan sore hari, serta satu kali pada saat setengah jam sebelum berhubungan (perlu dicoba ini).


3. Mengobati Insomnia dan Sakit Kepala

http://obatsakitkepala.org
Tempe mentah dipercaya juga dapat mengobati penyakit insomnia dan sakit kepala dengan cara mengkonsumsinya bersama dengan tape singkong segar dan mentimun segar. alhasil, penyakit insomnia dan sakit kepala dapat hilang dengan sendirinya (coba ah?).


4. Menstabilkan Hormon Tiroid
Hormon tiroid merupakan salah satu hormon paling penting dalam tubuh yang memberikan dampak kepada tiap sel dan semua organ. Kelebihannya hormon tiroid dapat membuat segala sesuatu dalam tubuh berjalan lebih cepat, bergitu pula sebaliknya. Kekurangan hormon tiroid juga akan membuat sessuatu dalam tubuh berjalan lebih lambat dari biasanya. Nah, dengan mengkonsumsi tempe mentah juga dipercaya dapat membuat produksi hormon tiroid dalam tubuh lebih stabil dan seimbang sehingga dapat membuat tubuh lebih sehat.(sangat Amazing).


5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Tempe memiliki fungsi sebagai probiotik, hal ini dapat terjadi karena pembuatan tempe melalui proses fermentasi sehingga mikroflora yang hidup dapat memiliki fungsi membentuk lapisan pelindung di usus dan melindungi pencernaan dari bakteri jahat. Studi telah menemukan bahwa probiotik dapat meringankan gejala sindrom iritasi usus, mencegah diare, mengurangi kembung, dan mendukung keteraturan buang air besar.


6. Mencegah Kelahiran Prematur

Kandungan probiotik pada tempe juga memiliki manfaat untuk ibu hamil. Sebuah penelitian BMJ Clinical Evidence Archives, menemukan bahwa mengonsumsi probiotik selama kehamilan dapat menurunkan risiko seorang wanita untuk kelahiran prematur dan preeklamsia.


7. Mengelola Stres

Manfaat tempe yang selanjutnya adalah dapat mengelola stres. Hal ini karena kandungan isoflavonya. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan isoflavon dapat mengurangi penanda stres oksidatif dengan meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh.


8. Menurunkan Risiko Osteoporosis

Manfaat tempe yang berikutnya yaitu menurunkan risiko osteoporosis. Selain kaya akan protein dan vitamin B12, ternyata tempe juga kaya akan kalsium dan vitamin K. Kedua kandungan ini sangat diperlukan tubuh untuk proses pembentuk tulang. Proses fermentasi tempe juga meningkatkan jumlah vitamin K dan mineral lainnya dalam kedelai. Oleh karena itu, tempe sangat baik untuk dikonsumsi penderita osteoporosis yang memerlukan asupan kalsium tinggi. Dengan asupan kalsium dan vitamin K yang memadai, penderita osteoporosis dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.


9. Menurunkan Berat Badan

Tempe bisa menjadi pilihan menu diet bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Salah satu menu terbaik untuk diet adalah makanan dengan kandungan tinggi protein, tinggi serat, dan rendah lemak. Kandungan protein dan serat dalam tempe membuatnya sangat baik untuk menjadi menu diet. Tempe juga merupakan makanan yang mudah diserap oleh tubuh. Kandungan vitamin B kompleks dalam tempe juga sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi Anda ketika sedang diet.


10. Sebagai Antibodi Tubuh

Manfaat tempe yang berikutnya yaitu sebagai antibodi tubuh. Pada proses fermentasi tempe, kedelai dan ragi akan membentuk asam fitat dan berbagai bakteri baik, salah satunya adalah probiotik. Probiotik ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, salah satunya sebagai antibodi tubuh. Selain itu, probiotik juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan usus. Dengan probiotik, tubuh dapat dengan mudah memecah nutrisi dan dapat membantu melancarkan pencernaan.


11. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat tempe yang berikutnya yaitu menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena mengonsumsi tempe bisa menurunkan kolesterol yang ada di tubuh Anda. Tempe yang terbuat dari kedelai ini secara alami kedelainya memiliki senyawa bernama isoflavon. Isoflavon berfungsi sebagai penurun kolesterol jahat atau LDL. Senyawa niasin yang terdapat dalam tempe juga dianggap dapat mengontrol kolesterol dan baik bagi Anda yang berisiko lebih tinggi untuk terkena serangan jantung atau stroke yang disebabkan oleh kolesterol LDL.


12. Mencegah Anemia

Manfaat tempe yang berikutnya yaitu mencegah anemia. Penyakit anemia adalah kondisi ketika jumlah sel darah merah vitamin B12 lebih rendah dari jumlah normal. Untuk mengatasi anemia, ternyata banyak sekali cara alami yang dapat anda konsumsi selain obat generik salah satunya mengonsumsi tempe. Hal ini, karena per 100 gram tempe mengandung sekitar 1,7 mikrogram vitamin B12 yang menjadikan pangan nabati ini satu-satunya sumber vitamin B12 yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Kandungan ini cukup untuk memenuhi 42% kebutuhan vitamin B12 setiap harinya. Dengan begitu Moms yang vegetarian dan vegan tidak perlu takut untuk kehilangan vitamin B12 pada asupan makanan sehari-hari.


13. Sumber Protein

Protein memiliki fungsi untuk menjaga jaringan otot dan penghasil enzim proteolitik yang bisa memecah rantai protein agar dapat diserap oleh tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat pada tempe terbukti kualitasnya lebih baik dibandingkan kedelai, karena kadar protein yang larut dalam air akan mengakibatkan meningkatnya aktivitas enzim proteolitik. Enzim proteolitik dapat memecahkan rantai panjang protein menjadi zat yang dapat dicerna oleh tubuh. Selain itu, tempe mengandung lemak yang lebih sedikit, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, tiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, piridoksin, biotin, vitamin B12, dan retinol yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan daging. Oleh karena itu, tempe sering kali dijadikan sumber protein pengganti daging.


14. Melawan Radikal Bebas

Manfaat tempe yang berikutnya yaitu melawan radikal bebas. Paparan radikal bebas ke tubuh lama-kelamaan akan menyebabkan berbagai efek yang tidak baik bagi tubuh, salah satunya bisa memicu kanker. Tubuh sangat membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas tersebut. Ternyata, antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat didapatkan dengan mengonsumsi tempe. Tempe mengandung antioksidan isoflavon yang berperan dalam melawan radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes dan lain sebagainya serta dapat pula mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker prostat dan payudara.


15. Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang mulai terjadi pada salah satu organ atau jaringan di tubuh akibat sel abnormal tumbuh tidak terkontrol, menyerang area di sekitar atau menyebar ke organ lain. Ternyata, salah satu manfaat tempe untuk kesehatan adalah dapat mencegah kanker. Tempe memiliki kandungan senyawa polifenol dan isoflavon yang bertugas menghambat proses produksi pembuluh darah sel kanker. Penelitian lain menemukan bahwa konsumsi isoflavon yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan angka kematian pada wanita dengan kanker payudara.


16. Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson

Penyakit parkinson adalah penyakit yang ditandai oleh kerja sistem saraf pusat yang tidak normal. Kerusakan saraf tersebut menyebabkan tingkat dopamin menurun dalam tubuh. Dalam hal ini niasin berfungsi sebagai pembantu perbaikan sel-sel dan dapat mengurangi risiko penyakit parkinson. Di dalam tempe juga terkandung senyawa niasin. Niasin merupakan senyawa sejenis vitamin yang berperan penting dalam kesehatan otak dan gangguan neurologis lainnya. Orang yang sering mengonsumsi niasin dapat mengurangi risiko Depresi, kelelahan, dan anemia.


17. Mencegah Asma

Manfaat tempe yang berikutnya yaitu mencegah asma. Serat memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat peradangan terkait respon pernapasan. Tempe adalah makanan yang kaya akan serat yang baik untuk kesehatan paru-paru. Kesehatan paru-paru dipengaruhi oleh cara serat dan asam lemak memasuki aliran darah. Serat yang terkandung di dalam tempe memperkuat sel-sel kekebalan di paru-paru untuk memiliki reaksi alergi yang lebih lemah.


18. Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Manfaat tempe selanjutnya adalah meningkatkan kecerdasan calon buah hati. Saat mengandung buah hati, Moms perlu memenuhi nutrisi dengan baik. Salah satu asupan yang penting adalah protein rendah lemak, misalnya tempe. Tempe juga mengandung asam folat yang bisa membantu meningkatkan sistem kerja otak bayi. Dengan demikian, bayi yang lahir nantinya memiliki kecerdasan lebih. Bukan hanya itu, asam folat juga bisa membantu perkembangan bayi didalam perut.


19. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat tempe yang berikutnya yaitu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan protein nabati pada tempe juga berperan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, tekanan darah tinggi, dan risiko aterosklerosis. Selain itu, zat aktif di dalam tempe juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain protein, tempe juga mengandung isoflavon yang membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL). Tak hanya itu, tempe banyak mengandung lemak tak jenuh majemuk (PUFA) dan niasin yang juga berperan menurunkan kolesterol jahat sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung.


20. Mencerdaskan Otak Manusia

Konsumsi makanan Tempe maupun minuman yang diproses fermentasi ternyata memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh bahkan meningkatkan kecerdasan otak manusia.