Notification

×

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Dinas Kominfo Jatim Juara Pertama Media Center Terbaik Nasional

22/07/2020 | 23.55 WIB | Dibaca: 0 kali Last Updated 2020-07-22T16:55:11Z
    Bagikan

 Jatim - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jawa Timur meraih juara pertama  media center terbaik dengan kontribusi aktif dalam pemberitaan kategori provinsi.

Pengumuman penghargaan disampaikan Kementerian Kominfo melalui video conference, pada acara Webinar Media Center Sebagai Humas Pemerintah yang dibuka oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Prof. Dr. Widodo Muktiyo, Rabu (22/7/2020).

Dinas Kominfo Jatim berhasil menempati urutan pertama usai mengungguli empat nominasi lain, yaitu  Dinas Kominfo dan Persandian Provinsi Aceh sebagai juara dua, Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Riau juara tiga. Diikuti, juara empat, yakni Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kalimantan Tengah, dan juara kelima, yaitu Biro Humas dan Protokol Setdaprov. Gorontalo.

"Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras mediacenter Jatim Newsroom. Mereka bukan hanya secara cepat dan aktif  mendistribusikan berita-berita Jatim, khususnya ke website Kemenkominfo, yaitu http://infopublik.id/, tetapi juga menjaga kualitas beritanya, termasuk semua beritanya yang _pressklar_, " ujar Kadiskominfo Prov. Jatim Benny Sampir Wanto saat memberikan sambutan. Selain memudahkan kerja redaksi website Kemenkominfo, pressklar tersebut juga mendorong  penambahan viewer website karena cara penuangan beritanya yang  enak dibaca.

Mengenai kecepatan menyampaikan berita di web Kemenkominfo, mantan Karo Humas dan Protokol Pemprov. Jatim ini menjelaskan sebagai pelaksanaan motto Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, yakni Jatim CETTAR (Cepat, Efektif, Tanggap, Transparansi, dan Responsif).

Keaktifan menyampaikan berita, lanjutnya, terlihat dari berita Jawa timur yang terekspose diwebsite tersebut sebanyak 4.264 berita selama periode Januari-Desember 2019. Sementara itu, media center Dinas Kominfo Jatim sendiri pada tahun yang sama  sebanya 5.279 berita.  berita selama periode Januari-Desember 2019.

Ditambahkan, jumlah Tim Jatim Newsroom Kominfo Jatim sebanyak 15 orang, yakni satu redpel, dua redaktur, 10 reporter dan dua fotografer. Kepada para personel tersebut,  masing-masing diberikan target jumlah berita setiap harinya.

Selain itu, para reporter juga dibagi pos peliputan dan meliput serta merilis berita kegiatan Gubernur, Wagub, Sekda, dan OPD di jajaran Pemprov Jatim. Kegiatan-kegiatan instansi pusat seperti jajaran  Kodam V Brawijaya, Polda Jatim,  BUMN dan BUMD juga diliput.

Menurut Benny, penghargaan ini menjadi motivasi, khususnya bagi media center Jatim Newsroom Kominfo untuk senantiasa menyajikan berita lebih baik lagi tentang Jatim.

Dalam sambutannya, Benny juga berharap agar Kemenkominfo juga menyelenggarakan kompetisi atau lomba dengan masyarakat luas. Dentan demikian, website akan lebih banyak diakses dan dibaca oleh masyarakat. (afr)