Notification

×

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Iklan

Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Bingung Membedakan Murai Batu Trotol Jantan dan Betina, Mari Simak 7 Tipsnya

03/06/2023 | 09.42 WIB | Dibaca: 0 kali Last Updated 2023-06-03T02:42:24Z
    Bagikan


Liputan Indonesia
 || Kicau Mania, - Membedakan murai batu trotol jantan dan betina, bagi sebagian penghobi kicau dirasa gampang-gampang susah. Kadang tidak sedikit murai trotolnya yang dianggap semula jantan dalam perkembangannya malah menjadi betina.

Membedakan murai trotol jantan dan betina, perlu dipahami untuk yang akan memulai memelihara burung ekor panjang ini.

Oleh karena itu, simak tips mudah berikut ini cara membedakan murai batu trotol jantan dan betina;

Membedakan Murai Batu Trotol Jantan dan Betina

1. Kepala, murai batu trotol jantan memiliki bentuk kepala lebih besar dari betina, terlihat tampak cepak atau datar, sebaliknya murai trotol betina memiliki kepala lebih kecil dan bentuknya lebih bulat. Pilih murai batu trotol jantan dengan kepala yang besar, karena akan terlihat lebih sangar dan memiliki kecerdasan dalam merekam suara burung masteran atau mp3 audio.

2. Paruh, murai batu trotol jantan tampak lebih tebal dan berwarna lebih gelap dari betina. Perlu dipahami, hendaknya pilih murai batu trotol jantan dengan paruh yang tebal menandakan kwalitas volume yang baik.

3. Warna bulu. murai batu trotol jantan lebih gelap dibandingkan betina, agar lebih akurat cermati degradasi warna bulu disekitar punggung dekat tengkuknya, apabila  tampak warna hitam gelap metalik dipastikan itu jantan. Sebaliknya warna bulu murai batu trotol betina lebih pudar, begitupun di sekitar tengkuknya.

4. Mata, murai batu trotol jantan memiliki tatapan mata yang tajam dibandingkan betina. Hendaknya pilih murai batu trotol “jahat” dengan mata yang melotot tajam seakan ingin mengintimidasi lawan. Ciri ini yang menandakan murai trotol bermental fighter.

5. Kaki, murai batu trotol jantan memiliki kaki yang kekar dan besar. Hendaknya pilih murai batu trotol jantan dengan memiliki kaki yang panjang, akan terlihat gagah ketika berdiri tegap.

6. Ekor, murai batu dalam susunan ekornya, memiliki 4 ekor yang berwarna hitam, yakni ekor utama dan ekor kedua cermati jaraknya, murai batu trotol jantan ekor utamanya lebih panjang dan rapih, dibandingkan dari ekor yang kedua.

7. Suara, murai batu trotol jantan memiliki suara yang lebih kasar dengan nada yang tidak monoton, suara tertata tinggi rendahnya, diusia 3 bulan ke atas suara murai batu jantan akan ngeriwik pelan dengan banyak variasi. Sebaliknya suara murai batu trotol betina akan lebih monoton ngeplong dan tidak ngeriwik.

Memelihara murai batu dari trotol memiliki kepuasan tersendiri. Karena murai batu trotol selain harganya relatif lebih murah, kita bisa dengan mudah memasteri suara isian sesuai keinginan kita.

Memilih murai batu trotol harus benar benar teliti agar tidak kecewa di belakang hari, agar lebih mudah hendaknya membeli murai batu dari peternak langsung, dan mintalah garansi apabila diketahui murai batu trotolnya betina.

Untuk membedakan murai batu trotol jantan dan betina, perhatikan dari katuranggan atau penampakan fisiknya mulai dari kepala, paruh, mata, warna bulu, kaki dan ekor seperti penjelasan tersebut.


Penulis : dwi